Konfigurasi Standard Access Lists dengan Cisco Packet Tracer

Sekarang saya akan memposting cara configurasi Standard Access Lists dengan software Cisco Packet Tracer. Pertama saya akan jelaskan sedikit ACL(Standard Access Lists) berfungsi sebagai penentu apakah sebuah paket yang dikirimkan bisa diteruskan atau tidak.

Pertama - tama saya akan tunjukkan topologinya:


ini adalah topologi akan kita gunakan.

pertama - tama kita harus konfigurasi ip nya . mohon maaf saya tidak menggunakan watermark karena belum sempat.

ok , sekarang saya akan tunjukan konfigurasi ip nya :


Router 1(Chris_Aceh) berada paling kiri



Selanjutnya kita setting ip,netmask dan gateway setiap pc dan server


Pc_Chris1


Pc_Chris2



Server_Chris


 kita konfigurasi ip setiap interface dan jangan lupa konfigurasi ip loopbacknya. dan jangan lupa jika ingin menambahkan ip di loopback gunakan netmask 255.255.255.255. karena kita menggunakan 1ip saja.

lakukan yang sama di setiap router

Router4(Chris_medan)berada di tengah

 Router 2(Chris_Riau) Berada di paling kanan


selanjutnya kita configurasi router eigrp. daftarkan network yang terhubung pada router.seperti yang sudah saya jelaskan di posting sebelumnya.

Router 1(Chris_Aceh)berada di paling kiri

Router 4(Chris_Medan) berada di tengah
 Router 2(Chris_Riau)berada di sebelah kiri


selanjutnya kita lakukan configurasi access list
saya konfigurasi di router paling kanan



selanjutnya kita bisa verifikasi dengan sh access-lists.


selanjutnya kita test ping.

jika test ping berhasil seperti diatas kita berhasil menyelesaikannya. selamat......

semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian. dan bisa kalian bagikan ke teman kalian.thanks. saya minta maaf yang sebesar - besarnya jika ada typo dan kurang jelas penjelasannya.
Previous
Next Post »