Konfigurasi Dynamic Routing EIGRP di Cisco Packet Tracer

Selamat datang kembali di blog saya "ChrisThomasblooger" saya kali ini akan memposting tentang Cara konfigurasi Dynamic Routing EIGRP dan softwarenya menggunakan Cisco Packet Tracer.

Sebelum ke proses Pengconfigkan, kita perlu tahu dahulu apa kegunaan EIGRP. EIGRP kepanjangannya yaitu Enchanted Interior Gateway Routing Protocol. Kegunaannya untuk membackup route, jadi jika terjadi perubahan network router tidak perlu lagi menghitung jalur terbaik karena bisa langsung membackup route.

Oke sekarang kita mulai dengan Topologinya. Topologinya seperti ini :



Selanjutnya kita masuk ke router 0.

Router 0(Chris_Jakarta)

seperti biasa kita harus mengkonfigurasi ip nya. kita masuk ke interface yang ingin kita config. selanjutnya kita kita masukkan ip dengan perintah "ip addr (ip) dan (subnetmask). selanjutnya kita masukkan perintah "no sh".

dan ingat jika ingin menconfig interface, pastikan dalam mode previlege dengan menggunakan command "conf t".  dan saya menggunakan perintah "line vty 0 4" agar bisa mengizinkan 5 koneksi yang dapat meremot perangkat tersebut dalam waktu yang besamaan.

lakukan yang sama pada setiap router........

 Router 1(Chris_Semarang)



Router 2(Chris_Surabaya)


Router 3(Chris_Bali)



Selanjutnya kita lakukan konfigurasi loopback pada setiap router. ini berguna untuk membuat interface loopback sendiri. dan ini dia configurasinya.

Router 0(Chris_Jakarta)


jika kalian melakukan config  loopback gunakan netmask 255.255.255.255 karena kalian hanya mendaftarkan 1ip.dicontoh saya menggunakan 0 mohon dimaklumi saya lupa. mohon dimaafkan.

selain itu kita juga perlu configurasi router router eigrp 10. selanjutnya kita masukkan network yang terhubung. dan jangan lupa ketikkan perintah "no auto-summary".


Router 1(Chris_Semarang)




Router2(Chris_Surabaya)


Router 3(Chris_Bali)

Selanjutnya verifikasi.


sh ip route


sh ip eigrp neighbors

 sh ip eigrp topology

 sh ip eigrp traffic

selanjutnya test ping


pastikan setiap verifikasinya sama dengan yang saya tampilkan. dan terakhir test ping. jika berhasil maka selamat anda berhasil. semoga kalian bisa membagikan informasi kali ini ke teman anda.

Sekian dan terima kasihhhhh........
semoga bisa bermanfaat bagi kalian............
Previous
Next Post »