Konfigurasi Extended Access Lists dengan Cisco Packet Tracer

Hai semuanya......... Sekarang saya akan menunjukkan cara konfigurasi Extended Access Lists dan software yang kita gunakan adalah Cisco Packet Tracer.

oke ........
sekarang saya akan menjelaskan apa kegunaan dari Extended Access Lists. Extended Access Lists itu hampir sama dengan posting saya sebelumnya yaitu Access Lists. Perbedaannya jika Extended Access Lists lebih dipersempit lagi.jika access list bisa ngeping dan bisa membuka web browser sedangkan extended access list bisa ngeping tapi saat mengakses web browser akan RTO(Request Time Out)

Dan ini adalah topologinya :



Selanjutnya seperti biasa jika berhubungan dengan router kita harus konfigurasi router tersebut. dan sekarang mari kita konfigurasi IP..

Router 1(Chris_Manado)

saya akan menjelaskan sedikit jadi pertama kita masuk ke interface yang terhubung dan config ip dan netmask nya dan jangan lupa kita berikan perintah "no sh".

Router 4(Chris_Gorontalo)

Router2(Chris_Palu) 



selanjutnya kita konfigurasi ip,netmask dan gateway di pc1, pc2 dan server.

Pc1

pc2

server

selanjutnya kita loopback routernya


selanjutnya kita konfigurasi eigrp setiap router.

router1(Chris_Manado)paling  kiri

 Router4(Chris_gorontalo)tengah
 router2(Chris_palu) kanan

selanjutnya kita konfigurasi access lists


setelah itu verifikasi dengan sh access-lists.

dan coba ping jika berhasil lakukan tahap terakhir.

selanjutnya coba buka web browser
jika RTO(Request Time out) maka anda berhasil. selamat.................


oke semoga ilmu yang saya berikan bisa bermanfaat dan jika bisa bagikan ke teman anda cara yang saya ajarkan . mohon maaf jika saya belum memberi watermark, ada yang typo dan ada yang belum ada gambarnya maafkanlah.
Previous
Next Post »