8.8 Konfigurasi Log Analyzer with Apache di CentOS 7


Halo semuanya, kembali lagi bersama admin lagi ya. Dan kali ini admin akan membahas tentang Web Server lagi ya. Namun kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara konfigurasi dari Log Analyzer di CentOS 7.

Kegunaan dari konfigurasi ini adalah untuk menunjukkan log dari web tersebut, seperti jumlah visitor atau pengunjung, jumlah halaman web dan masih banyak lagi.

Dan di Setiap konfigurasi web server , saya menggunakan domain karena saya sudah konfigurasikan BIND, kalian jika ingin konfigurasi ini berhasil dengan domain, bisa cari cara di google tentang cara konfigurasi BIND di CentOS7. Dan jangan lupa tambahkan "www" untuk forward dan reverse nya.
Sebelum kita mulai konfigurasi kali ini, kita lihat dulu topologinya seperti apa ya...





Oke, kita mulai saja konfigurasinya ya.....

1. Pasang "wget"


Pertama - tama kita pasang terlebih dahulu "wget" yang berguna untuk mendownload package dari web. Kita gunakan perintah "yum install wget -y". Dan tunggu hingga pemasangan selesai.
 
2. Download Repositori Epel


Jika sudah, kalian unduh repositori epelnya dengan perintah "wget http://dl.fedoraproject.org/pub/epel/7/x86_64/epel-release-7.9.noarch.rpm". Pastikan kalian terhubung ke internet ya.

3. Pasang Epel


Selanjutnya kalian pasang package epelnya dengan perintah "rpm -ivh epel-release-7-9.noarch.rpm". Tunggu hingga pemasangan selesai.

4. Pasang "awstats"


Selanjutnya kalian pasang "awstats" dengan perintah "yum --enablerepo=epel -y install awstats". *ingat harus terhubung dengan internet. Tunggu hingga selesai.
 
5. Ubah Konfigurasi Awstats


Setelah selesai pemasangan "Awstats", file konfigurasinya akan otomatis terbuat dan karena saya akan menggunakan satu domain maka saya ganti namanya dengan domain saya. Sebagai contoh diatas.

6. Edit Konfigurasi "awstats".
 

Disini kita akan mengedit konfigurasi "awstats" dengan perintah "nano /etc/awstats.www.chris.net.conf". ini tergantung kalian disaat mengubah nama dari file konfigurasinya tadi. Jika tidak bisa menggunakan perintah "nano" kalian bisa menggunakan perintah "vi".

7. Ubah SiteDomain


Awalnya, isi dari "sitedomain" adalah nama dari hostname Server CentOS kita. kita ubah menjadi domain kita.



Karena saya menggunakan domain "chris.net" maka kita ubah menjadi "www.chris.net".

8. Ubah "HostAliases"


Disini kalian ubah isi dari "HostAliases" yang defaultnya seperti diatas.



kita ubah menjadi seperti diatas ini. "HostAliases="localhost 127.0.0.1 REGEX[^.*chrisserver$} REGEX[^192\.168\.43\.]". 

ini berguna agar server bisa membaca setiap web yang memiliki ip "192.168.43.".

9 . Edit File "Awstats.conf"


Kita edit file "awstats.conf" dengan perintah "nano /etc/httpd/conf.d/awstats.conf".

10. Ganti "Require"
 

Awalnya "require" berisi "local" secara defaultnya.


Kita ubah menjadi seperti gambar diatas "require ip 192.168.43.0/24". yang menunjukkan bahwa hanya komputer yang menggunakan IP dengan network "192.168.43.0/24" untuk membuka web yang akan terbaca oleh log.

11. Update "config".
 

Setelah selesai konfigurasi kita update konfigurasi dengan perintah "/usr/share/awstats/wwwroot/cgi-bin/awstats.pl -config=www.chris.net -update".

12. Restart HTTPD



Kita restart "HTTPD" dengan perintah "systemctl restart httpd.

13. Verifikasi


Kita bisa mencobanya dengan membuka di client "www.domain/awstats/awstats.pl".

Dan kita bisa lihat disini, konfigurasi kita berhasil . Maka berakhir sudah tutorial kali ini, semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!

Previous
Next Post »