1.1 Konfigurasi IP Pada CentOs CLI

Sudah lama sekali ya saya tidak posting lagi,sekarang saya akan kembali posting. kali ini saya akan membahas cara konfigurasi IP di CentOS CLI menggunakan Virtual Box. ayo sekarang kita mulai....


Selanjutnya kalian ketikkan perintah "nmcli d" untuk mengecek interfaces yang terhubung



1. Setting DHCP

sekarang kita akan menyetting DHCP di CentosOS

pertama, ketikkan "vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enpos3"


maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. kalian ganti sesuai yang anda ditampilan dibawah ini. Kita ubah isi dari "bootproto" menjadi "dhcp" yang artinya komputer akan meminta sendiri ipnya ke server. Dan dibagian Onboot kita ganti isinya menjadi yes agar bisa langsung nyala ketika Centos nya diaktifkan.


karena saya menggunakan virtual box, tekan setting dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini, dan pilih network dan ganti dengan NAT. Mengapa kita ubah menjadi NAT? karena dengan NAT kita terhubung ke internet dan bisa mendapatkan ip dhcp secara otomatis.. lalu klik OK.


lalu restart network dengan perintah "systemctl restart network". Mengapa harus kita restart networknya?, karena dengan kita merestart networknya maka settingan/konfigurasi yang sudah kita ubah baru akan bisa berubah.


lalu kalian cek apakah sudah berubah ip nya.Dari gambar dibawah ini kita lihat bahwa sudah berubah ipnya menjadi DHCP.



2. Setting Static

karena saya menggunakan virtual box, kita ganti network menjadi bridged adapter. dengan cara buka setting, dan tekan network dan ganti isi dari "attached to" menjadi bridged adapter. Mengapa kita pakai "bridged Adapter", karena dengan "Network" ini kita bisa mengatur sendiri ip nya dan bisa langsung terhubung ke komputer "pisik".


kita ketikkan "vi /etc.sysconfig/network-scripts/ifcfg-enpos3" untuk mengedit file "efcfg-enpos3".


maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. dan ganti menjadi seperti dibawah ini. Bootproto kita ubah menjadi static. Ini berarti kita sendiri yang mengatur ipnya.


lalu restart network menjadi "Systemctl restart network".Mengapa harus kita restart networknya?, karena dengan kita merestart networknya maka settingan/konfigurasi yang sudah kita ubah baru akan bisa berubah.


lalu ketikkan "vi /etc/resolv.conf" untuk mengubah DNS nya. Ini adalah cara lain untuk mengubah DNS.


lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ini adalah DNS awal yang kita setting di "ifcfg-enpos3".


kalian ganti menjadi seperti dibawah ini."8.8.8.8" adalah DNS google.


lalu network nya kalian restart dengan perintah "systemctl restart network".


lalu kalian cek ip nya, jika sudah berubah maka kalian berhasil. Kita lihat disini sudah berhasil.IPnya sudah berubah.



semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat bagi kalian semua, khususnya bagi anak - anak tkj yang memang bidang nya seperti ini.




Previous
Next Post »