8.2 Pemasangan dan Konfigurasi CGI pada WebServer CentOS7.






Hai semuanya, kembali lagi bersama saya di blog ini lagi. Saya akui sebagai admin sudah jarang posting. Dan kali ini saya akan kembali posting hal yang saya ketahui lagi yaitu Konfigurasi CGI di Server CentOS 7. Sebelumnya saya sudah mengkonfigurasi "Apache HTTPD". Materi sebelumnya masih berhubungan dengan materi ini yaitu sama - sama konfigurasi Web Server. Dan jika kalian ingin memasang HTTPD nya kalian bisa lihat konfigurasi nya di postingan "Apache HTTPD".

Sebelum mulai ini adalah topologi yang akan saya gunakan kali ini.



Oke, kita mulai saja konfigurasi nya


1. Pasang Packet 


Sebelum kita memulai konfigurasi kita harus memasang beberapa packet yang dibutuhkan saat akan mengkonfigurasi CGI.


Tunggu hingga seperti tampilan diatas. Yaitu "Complete"

2. Cek folder dari CGI


Disini kita mengecek apakah direktori dari "/cgi-bin/" sudah ada atau belum ada. kalian gunakan perintah "grep -n "^ *ScriptAlias" /etc/httpd/conf/httpd.conf"

3. Buat File "cgi-enabled.conf"


untuk langkah Selanjutnya kita membuat file "cgi-enabled.conf". gunakan perintah "nano /etc/httpd/conf.d/cgi.enabled.conf".


Selanjutnya isi seperti tampilan yang ada diatas ini.
untuk penjelasan "/var/www/html/cgi-enabled" menjadi direktori dari untuk konfigurasi CGI
Sedangkan "AddHandler cgi-script .cgi .pl" untuk mengaktifkan ekstensi "cgi dan pl" agar bisa digunakan. Selanjutnya keluar dan simpan.

4. Restart HTTPD


Selanjutnya kalian restart httpd dengan perintah "systemctl restart httpd".

5. Buat Direktori untuk CGI


Selanjutnya kita buat direktori. direktori ini sesuai dengan yang kita konfigurasikan di "cgi-enabled.conf". jika kalian buat berbeda maka konfigurasi nya akan gagal.

6. Memberikan Permission


Disini saya berikan permission untuk direktori "/var/www/html/cgi-enabled". dengan perintah "chcon -R -t httpd_sys_script_exec_t /var/www/html/cgi-enabled".


Selanjutnya saya juga berikan permission untuk Selinux dengan perintah "semanage fcontext -a -t httpd_sys_script_exec_t /var/www/html/cgi-enabled".

7. Buat File Index.cgi


Kalian selanjutnya buat file index.cgi yang berfungsi untuk tempat mengedit tampilan web dari "CGI". gunakan perintah "nano /var/www/html/cgi-enabled/index.cgi".


isi sesuai kebutuhan kalian saja. kalian bisa cari script cgi di google.

8. CHMOD file index.cgi


Disini kita "chmod" file index.cgi. Chmod sendiri berarti "change mode" yang artinya mengubah mode atau permission sebuah file. gunakan perintah "chmod 705 /var/www/html/cgi-enabled/index.cgi".

9. Verifikasi


kita coba lihat tampilan dari web server cgi yang kita buat tadi. dan kita liha berhasil disini kita ketikkan pada alamat "www.domainkalian.com/cgi-enabled/index.cgi"

maka tutorial kali ini berhasil .Semoga apa yang saya ajarkan kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST"""!!!!!!!
Previous
Next Post »