8.3 Pemasangan dan Konfigurasi PHP di Server CentOS 7


Oke, kembali lagi bersama saya kali ini. Kali ini saya akan membahas tentang cara mengkonfigurasi PHP pada server CentOS 7.

Apa itu pengertian dari PHP ? PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. 

Oke, sebelum kita memulai konfigurasi nya, mari kita lihat terlebih dahulu Topologinya.


 1. Pasang PHP



Pertama - tama sebelum kita memulai konfigurasi, kita harus memasang Paket tambahan untuk PHP itu sendiri. Kita cukup mengetikkan
" yum install php php-mbstring php-pear -y"


Kita tunggu hingga pemasangan paket PHP selesai. Tunggu hingga Complete. 

2. Edit File php.ini


 kita cukup ketikkan "nano /etc/php.ini". Jika kalian belum memasang "nano" kalian bisa gunakan perintah "vi" karena "vi" adalah paket bawaan yang berfungsi sama dengan "nano".


Kita atur "date.timezone". Kita isi bagian setelahnya dengan "Asia/Jakarta". Sebagai contoh "date.timezone =Asia/Jakarta".



jangan lupa kalian restart httpd nya dengan perintah "systemctl restart httpd".


3. Konfigurasi File "index.php"


Kita konfigurasi file "index.php" dengan cara mengisi dalamnya menjadi sebuah "script" yang berguna untuk mengatur tampilan dari WEB yang akan kita buka nanti sebagai verifikasi.


 Script nya kita isi terserah, kita bisa cari sendiri di google scriptnya. tetapi jika kalian ingin menggunakan script yang sama kalian boleh juga pakai. saya disini menunjukkan agar tampilannya berupa tanggal sehingga saya beri "print Date ("Y/m/d");".

4. Verifikasi


Dibagian verifikasi kali ini saya coba buka dengan browser saya dilinux. Selanjutnya kita akses laman nya dengan mengetikkan alamat "www.domainkalian.net/index.php" sebagai contoh "www.chris.net/index.php". dan kita lihat disini sudah berhasil mengkonfigurasinya.

Maka sekian dulu konfigurasi dari saya semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!!


Previous
Next Post »