8.13 Konfigurasi Enable Userdir with nginx


Haloo semuanya, kembali lagi bersama admin kali ini untuk membahas hal - hal tentang jaringan. Dan kali ini saya akan membahas tentang cara konfigurasi Enable UserDir with nginx. ini merupakan materi lanjutan dari "web server"

Dan di Setiap konfigurasi web server , saya menggunakan domain karena saya sudah konfigurasikan BIND, kalian jika ingin konfigurasi ini berhasil dengan domain, bisa cari cara di google tentang cara konfigurasi BIND di CentOS7. Dan jangan lupa tambahkan "www" untuk forward dan reverse nya.

ini dia topologinya



oke, kita mulai saja ya konfigurasinya........



 1. Buat User


Pertama - tama kita buat user terlebih dahulu.

2. kita Edit "vhost"


kita edit dengan perintah "nano /etc/nginx/conf.d/vhost.conf".

3. Isi seperti dibawah


isi script seperti diatas. jika sudah ada "script" kita ubah script menjadi seperti diatas. yang penting dibagian "server_name" kalian isikan "domain". simpan lalu keluar.

*jangan sampai salah dibagian "location".

4. Restart Nginx


Selanjutnya kita aktifkan ulang nginx dengan perintah "systemctl restart nginx".

5. Buat direktori "public_html".
  

ketikkan perintah "mkdir /home/user/public_html". ini berguna sebagai tempat penyimpanan tampilan web.

6. Pemberian Permission


a. kita disini buat direktori terlebih dahulu didalam user yang telah kita buat tadi. Kita gunakan perintah "mkdir /home/christkj/public_html". dan bagi kalian yang belum mengerti saya jelaskan jadi "mkdir /home/user yang kita buat/public_html" jadi ini flexible bergantung user yang kita buat tadi.

b. Selanjutnya kita berikan permission 711 kepada direktori /home/user, pemberian permission ini berguna agar bisa menggunakan direktori tersebut. Kita gunakan perintah "chmod 711 /home/christkj/"

c. Selanjutnya kita ubah owner dari direktori yang sudah kita buat tadi menjadi "christkj" dengan grup "chriskj" dengan perintah "chown christkj:christkj /home/christkj/public_html/".

d. Selanjutnya berikan permission agar direktori yang telah kita buat tadi bisa diakses oleh client yaitu permission 755 maka kita bisa menggunakan perintah "chmod 755 /home/christkj/public_html".

e. Dan dibagian terakhir kita berikan permission ke directory ke direktori "home/christkj/public_html". dengan perintah "chcon -R -t httpd_sys_content_t /home/christkj/public_html/".
 
7. Buat file "index.html"
 

gunakan perintah "nano /home/christkj/public_html/index.html". berguna untuk tempat pengeditan tampilan web.

8. Isi Script


isi dengan "script html". bisa kalian cari sendiri di google.

10. Verifikasi


Dan kita coba buka di client melalui browser, ketikkan pada alamat "www.domain/~user". Dan berhasil

Maka tutorial kali ini sudah berhasil. Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!! 
Previous
Next Post »