Penginstalan Windows Server menggunakan Virtual Box

Oke, saya sudah lama ya tidak posting lagi. Sekarang saya akan membahas Windows Server. Kita akan menginstal Windows Server menggunakan Virtual Box.

Pertama - tama kita perlu membuka Virtual Box

Selanjutnya kita klik New untuk membuat baru. Dan akan muncul Seperti dibawah ini.


dan ubah menjadi seperti dibawah ini. Dengan Nama sesuka anda dan karena kita menginstal windows Server 2012 maka kita Isi versi windows dengan windows 2012 dan karena kita menggunakan versi 64 bit kita pilih yang 64 bit.

Selanjutnya untuk penggunaan RAM kalian bisa sesuaikan dengan kemampuan Laptop kalian. Disini disarankan untuk menggunakan RAM sebanyak 2 gb tapi karena RAM saya hanya 2 gb maka saya mengganti menjadi 512 mb. selanjutnya tekan lanjut/next dalam bahasa inggris.

Selanjutnya akan muncul Seperti Dibawah Ini dan kalian bisa memilih tempat penyimpanan file VDI kalian.dan beri nama file VDI kalian. dan selanjutnya tekan next.

Selanjutnya kalian ganti settingan network nya menjadi Host only atau Adapter Hanya Host. lalu tekan OK.

Lalu akan muncul seperti dibawah Ini, Disini kita harus masukkan file ISO Windows Servernya dan ketik Mulai.

Selanjutnya kita tunggu sebentar dan akan muncul sepertu dibawah ini. Ada 3 Pilihan yang harus diisi pertama Language / Bahasa yang akan kalian install,ini bisa kalian isi sesuai dengan kebutuhan anda. kedua ada Time and Currency Format/ Waktu,disini saya isikan Waktu indonesia karena saya tinggal di indonesia. Dan terakhir ada Keyboard method atau keyboard nya disini saya isikan US ini bebas kalian isikan Sesuai kebutuhan anda.

Selanjutnya Akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan tekan Install now.


Karena kali ini saya akan menginstal Windows Server Standard Evalution(Server Core) maka saya pilih Windows Server Standard Evalution(Server Core) dan tekan Next untuk melanjutkannya.
`
Selanjutnya ada tampilan seperti dibawah ini. Kita centang "I Accept The License Terms" dan tekan Next


Selanjutnya ada 2 pilihan penginstalan . Pertama yaitu upgrade, ini berguna untuk mengupgrade atau memperbarui windows yang kita punya. dan kedua yaitu Custom, ini berguna untuk pemasangan baru/penginstalan baru windows. karena kali ini saya baru install maka saya pilih custom.

selanjutnya ada tampilan seperti dibawah ini. Tulisan "new" berguna untuk membagi Partisi dan Ukuran partisinya silahkan isi dengan kebutuhan saudara. dan klik apply dan next.

selanjutnya penginstalan dimulai ada :
"Copying Windows Files" ini berguna untuk mengcopy file windows
"Getting Files For Instalation" ini berguna untuk mendapatkan file untuk instalasi
"Installing Features" ini berguna untuk menginstal fitur - fitur di windows Server
"Installing Updates" berguna untuk menginstal update windows Server
"Finishing Up" ini berarti akan segera selesai

tunggu beberapa saat

Selanjutnya kita harus memberi password Administrator anda dengan mengenter OK


Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. kalian isi passwordnya dan pastikan ini harus mengandung Huruf Besar, Huruf Kecil, Dan tanda symbol dan tekan enter

 
setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.maka penginstalan ini berhasil



Ini adalah tutorial penginstalan Windows Server.

Semoga Penginstalan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca blog saya.
jika ada yang kurang dimengerti coba baca lagi setiap penjelasan dan jika masih belum bisa silahkan Tanya di COMMENT. Sekian Dan Terima Kasih.
Previous
Next Post »