1.2 Cara Konfigurasi IP centOS 7 GUI



Oke, sekarang saya akan kembali posting lagi. Kali ini saya akan memposting cara konfigurasi IP di Centos 7 GUI.




pertama, login dulu ke Centos nya. Dan masuk sebagai root. dan kedua, ketikkan "nmcli d" untuk melihat interface mana yang terhubung dengan kita.



Selanjutnya, ketikkan "nmtui" agar menampilkan tampilan GUI untuk konfigurasi CentOS.


Lalu, pilih "edit a connection" karena kita akan mengedit koneksi jaringan yang terhubung dengan kita.


 Selanjutnya, pilih enpos3 dan pilih edit. Mengapa kita pilih "enp0s3", karena device yang terhubung dengan kita yang di cek pada command "nmcli d" adalah "enp0s3".


Setting ip dengan Manual dan isi IP, Gateway dan DNS Servers.Dibagian Adresses isi dengan ip yang kalian inginkan. Dan jangan lupa berikan "slash" berapa yang kalian inginkan. Karena jika tidak kita atur akan otomatis "slash" 32. Dan gateway isi dengan gateway atau ip yang ingin kita gunakan sebagai jalur antar komputer agar bisa saling terhubung, Dan isi DNS dengan DNS yang kalian inginkan.


 Selanjutnya jangan lupa centang "Automatically Connect" agar bisa otomatis konek dan tekan "ok".


Lalu keluar.

 dan restart network. dengan mengetikkan "systemctl restart network". Mengapa harus kita restart networknya?, karena dengan kita merestart networknya maka settingan/konfigurasi yang sudah kita ubah baru akan bisa berubah.


Kita lihat disini dengan mengetikkan perintah "ip add" yang fungsinya untuk menampilkan ip yang kita miliki. Dan kita lihat disini pada device "enp0s3" ada ip "172.16.11.2/24" ini sesuai dengan yang tadi sudah kita atur. Maka konfigurasinya selesai.


Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membacanya.

Ha
Previous
Next Post »