Cara Merubah Windows Server Core/CLI menjadi GUI

Oke, Sekarang saya akan kembali posting lagi. kali ini saya akan memposting Windows Server Core/CLI menjadi GUI atau Dekstop/

Mari Kita Mulai

Pertama - tama kalian harus login terlebih Dahulu.


Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Ini adalah CMD yang biasa kita gunakan di Windows 7 dan versi lainnya.


setelah itu kita ketikkan "mkdir c:\mountdir".ini berguna untuk membuat direktori pada Drive C.


Selanjutnya kita pindah ke directory C dengan mengetikkan " cd C:\".

Selanjutnya kita ketikkan COMMAND " dir " untuk mengecek direktori yang tadi sudah kita buat. dan terbukti ada direktori yang sudah kita buat.

Selanjutnya kita ketikkan COMMAND "dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\Install.wim" ini berguna untuk mengecek paket penginstalan yang mau kita install.
 Dan setelah mengetikkan perintah tersebut muncul berbagai paket penginstalan. yang kotak pertama itu adalah paket penginstalan yang kita pakai saat ini. dan kotak yang kedua adalah paket penginstalan yang akan kita coba yaitu untuk install yaitu Server Standard GUI


Selanjutnya kita ketikkan Perintah "Dism /mount-wim /WimFile:D:\sources\install.wim /index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly.

Selanjutnya Kita Ketikkan "powershell" untuk mengecek apakah powershell sudah terpasang atau belum

Selanjutnya kita ketikkan "Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\windows\winsxs" ini berguna untuk memulai penginstalan Windows Server GUI.

Tunggu beberapa saat untuk proses penginstalan.

lalu akan tampil seperti dibawah ini. dan ini menunjukkan penginstalan ini berhasil. dan ada peringatan bahwa Windows Server akan di restart dengan Sendirinya.


Setelah Restart anda silahkan login.


Selanjutnya maka Windows Server Versi GUI sudah terpasang dan kita lihat powershell telah terpasang di Laptop kita.


Maka tutorial Kali ini saya akhiri. semoga kalian bisa mengikuti setiap tahap penginstalannya.
Saya sadar saya manusia tidak sempurna tidak luput dari kesalahan oleh sebab itu maafkan saya jika ada yang kurang kalian mengerti dari penjelasan saya namun ini bukan menjadi alasan bagi saya jika saya berbuat kesalahan. Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. 

Sekian Dan Terima Kasih
Previous
Next Post »