Macam - macam fungsi SCONFIG pada Windows Server 2012 R2

Oke, sudah lama saya tidak posting lagi. sekarang saya akan Memposting Macam - macam Fungsi SCONFIG pada windows server 2012 R2.

Pertama - tama ketikkan sconfig pada CMD

Ini dia gambar  macam macam Pilihan pada sconfig


ini dia isi dari SCONFIG pada windows server r2 Core. Galau GUI mah beda lagi tampilannya soalnya kan berbasis dekstop.

1) Domain/Workgroup

fungsi domain/workgroup adalah untuk join group atau workgroup. Kali ini saya akan mencoba untuk join domain.

Selanjutnya isikan password nya.

kali ini  mengapa failed. karena saya belum  mempunyai domain. yang tadi saya join itu hanya nama saya saja.

2)Computer Name

kalau yang ini berfungsi untuk mengganti nama computer anda. sekarang saya akan coba mengganti nama computer saya.


isikan nama komputer sesuai kesukaan anda.

selanjutnya diminta untuk merestart computer tersebut. jika ingin merubahnya kalian harus merestart.

3)Add local Administrator

ini berguna untuk menambah local administrator.


selanjutnya isikan password yang cukup rumit dengan kombinasi huruf,angka dan simbol



4)Configure Remote Management

ini berguna untuk mengizinkan atau tidak nya management anda di remote.

configurasi nya seperti dibawah ini.

tekan "enter di yes" untuk mengizinkan server anda di ping
  
jika begini maka pc anda bisa di ping.


5)Windows Update Settings

ini berguna untuk menyetting windows update anda.

ini dia gambarnya.
 ketikkan yang ada digambar untuk menyetting windows update dengan manual.

jika begini ini berarti ini sukses.

6)Download and install updates

ini berguna untuk download dan install setiap update yang ada.

pilih nomor 6 untuk memulai pilihan ini


kalian bisa memilih all updates atau recommended. maka selesai


7)Remote Dekstop

ini berguna untuk meremote dekstop anda. atau dalam kata lain ini berguna untuk mengendalikan pc anda dari jauh/pc lain.

ini dia gambar nya.

maka berhasil


8) Network Settings

ini berguna untuk mengconfigurasi network anda.

tekan 8


tekan 10 karena network yang kita punya "10"

karena ip nya ada. saya akan coba set dns nya.

 tekan 2 dan masukkan dns nya.

jika seperti diatas maka dns nya sudah terkonfigurasi.


dan yang kedua isi dari alternate dns nya terserah anda

maka anda berhasil.

9)Date And Time

tekan pilihan 9 untuk mengganti Date And Time atau tanggal dan waktu. maka akan muncul pilihan dibawah ini. kalian bisa mengganti nya sendiri. karena ini sama seperti di windows 7,8.


10)Help Improve the product with CEIP not participating

ini berguna untuk berpartisipasi sebagai customer kalau saya tekan no karena saya enggak mau.


maka hasilnya seperti ini.

11)Windows Activitation

ini berguna untuk memasukkan product key yang anda punya.

12)Log Off User.

ini berguna untuk logging off user. atau keluar dari user.

 13)Restart

ini berguna untuk merestart pc anda.

 14)Shutdown

ini berguna untuk shutdown atau mematikan pc anda.

15) Exit to command line

ini berguna untuk keluar dari sconfig le command line


Semoga pengetahuan yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »