8.4 Konfigurasi Userdir Web Server di CentOS 7



Oke, sudah lama sekali ya saya tidak posting lagi, dan kali ini saya akan kembali memposting tentang hal yang berhubungan dengan web yaitu Web Server dan kali ini khususnya membahas tentang konfigurasi Userdir.

ini dia topologi yang akan saya gunakan


Oke, kita mulai saja konfigurasinya ya.........

1. Buatlah User


Pertama - tama kita buat terlebih dahulu, kita gunakan perintah "useradd ........." dan "passwd ...........". dibagian "useradd" isi dengan username yang akan kalian berikan kepada user yang baru dibuat, dan dibagian "passwd ..........." kita diminta untuk memberikan password untuk user yang telah kita buat tadi.

2. Mengedit File "Userdir.conf"


Selanjutnya, kita edit file yang bernama "userdir.conf". Kita bisa mengedit nya dengan menggunakan perintah "nano /etc/httpd/conf.d/userdir.conf". Disini jika kalian tidak bisa menggunakan perintah "nano" kalian bisa menggunakan perintah "vi" karena fungsinya sama yaitu untuk mengedit serta membuat sebuat file".

3. Ubah sesuai ketentuan yang ada di gambar dibawah ini


disini kita ubah "UserDir enabled" karena default nya adalah "Userdir disabled". Dan kita ubah juga menjadi "UserDir public_html" karena secara defaultnya adalah "#Userdir public_html", jadinya kita hanya menghapus tanda pagarnya saja.

4. Mengedit Directory


Disini kita edit bagian dari "Directory" yaitu menjadi "AllowOverride All" Dan dibagian "Options" kita lanjutkan dengan script "None" seperti gambar yang berada diatas ini. Selanjutnya kita simpan lalu keluar.

5. Restart Service HTTPD


Disini kita restart HTTPD agar konfigurasi yang kita buat tadi bisa berjalan.

6. Pembuatan Direktori dan memberikan Permission


a. kita disini buat direktori terlebih dahulu didalam user yang telah kita buat tadi. Kita gunakan perintah "mkdir /home/christhomas/public_html". dan bagi kalian yang belum mengerti saya jelaskan jadi "mkdir /home/user yang kita buat/public_html" jadi ini flexible bergantung user yang kita buat tadi.

b.  Selanjutnya kita berikan permission 711 kepada direktori /home/user, pemberian permission ini berguna agar bisa menggunakan direktori tersebut. Kita gunakan perintah "chmod 711 /home/christhomas/"

c. Selanjutnya kita ubah owner dari direktori yang sudah kita buat tadi menjadi "christhomas" dengan grup "christhomas" dengan perintah "chown christhomas:christhomas /home/christhomas/public_html/".

d. Selanjutnya berikan permission agar direktori yang telah kita buat tadi bisa diakses oleh client yaitu permission 755 maka kita bisa menggunakan perintah "chmod 755 /home/christhomas/public_html".

e. Dan dibagian terakhir kita berikan permission ke directory ke direktori "home/christhomas/public_html". dengan perintah "chcon -R -t httpd_sys_content_t /home/christhomas/public_html/".

7. Membuat File Index.html


disini kita buat terlebih dahulu file "index.html" dengan perintah "nano /home/christhomas/public_html/index.html".


kalian isi "index.html" dengan script web html. kalian bisa cari itu di google ataupun kalian bisa ikuti script yang saya gunakan. Contoh nya seperti yang ada diatas ini. selanjutnya kalian simpan lalu keluar.

8. Ubah Permission "index.html"


Agar bisa diakses , file "index.html" kita berikan permission menjadi "644" ini mengartikan bahwa untuk user dan group bisa melakukan read and write sedangkan untuk user and world hanya bisa write saja. sehingga client bisa mengakses "index.html".


Dan untuk mengaktifkan home direktori nya kita bisa menggunakan "setsebool" dan perintah nya "setsebool -P httpd_enable_homedirs true".

9. Verifikasi


Dan kita lihat disini sudah berhasil kita akses dengan mengetikkan pada alamat browser "www.domain/~user/" seperti contoh saya "www.chris.net/~christhomas/"

Maka sekian tutorial kali ini, semoga tutorial saya kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!






Previous
Next Post »