Backup And Restore Router Mikrotik


Oke, kembali lagi bersama admin kali ini, untuk membahas hal - hal yang admin telah coba lakukan. Dan kali ini admin memposting mengenai cara melakukan backup konfigurasi serta cara merestorenya kembali pada router Mikrotik.

Kegunaan kita bisa melakukan konfigurasi ini adalah jika kita ingin menggunakan mikrotik kita tapi tidak ingin agar konfigurasi hilang bisa menggunakan cara ini. Dengan membackup terlebih dahulu konfigurasinya. Selanjutnya kita bisa otak-atik router nya dan jika sudah selesai coba - coba nya kita bisa kembalikan konfigurasi yang tadi telah kita backup.




Oke, kita mulai saja konfigurasinya

1. Backup Konfigurasi


pertama - tama saya akan beritahukan mengenai cara membackup konfigurasi dengan command line. Kita gunakan perintah "system backup save". dan enter.



Selanjutnya jika sudah, kita coba cek dengan perintah "file print" yang berguna untuk menunjukkan atau menampilkan file yang kita miliki dalam mikrotik tersebut. dan kita lihat paling bawah sudah ada file dengan "extension" "backup" dan itu yang sesuai dengan waktu yang saya lakukan untuk membackup.


Dan ini adalah cara membackup dengan winbox, kita cari menu file dan tekan, selanjutnya akan ada tampilan seperti dibawah ini, kita tekan "backup" dan beri nama untuk hasil backupnya lalu tekan backup.


Untuk penyimpanan konfigurasi yang telah dibuat, kita bisa gunakan fitur akses mikrotik dengan "ftp". kita cukup mengetikkan di bagian atas"ftp://ip router" sebagai contoh "ftp://192.168.43.123". lalu akan muncul sebuah kolom pengisian untuk login di "ftp". kita pilih "connect as" - "registered user" dan "username" dengan "admin" dan tekan connect.


Selanjutnya kalian tinggal pindahkan file backupnya terserah kalian.

2. Restore


kalian bisa gunakan perintah "system backup load name=chrisbackup.backup". untuk dibagian "name" bergantung dari nama file backup nya. lalu tekan "enter" dan  "y" untuk menyetujui dilakukan restore.


Kalau untuk versi gui nya, kita buka menu "file" dan tekan file backup yang akan kita restore dan tekan "restore".

Sekian dulu informasi mengenai bagaimana cara untuk melakukan backup and restore pada mikrotik.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!!!
Previous
Next Post »