8.11 Konfigurasi Web Server Nginx


 Halo semuanya, kembali lagi bersama saya diblog ini. Kali ini saya akan kembali memposting tentang bagaimana cara melakukan konfigurasi "Web Server with nginx".

Dan di Setiap konfigurasi web server , saya menggunakan domain karena saya sudah konfigurasikan BIND, kalian jika ingin konfigurasi ini berhasil dengan domain, bisa cari cara di google tentang cara konfigurasi BIND di CentOS7. Dan jangan lupa tambahkan "www" untuk forward dan reverse nya. 




Ini dia topologi yang akan saya gunakan.


1. Pasang Nginx


Pertama - tama kalian pasang terlebih dahulu "nginx". namun sebelum kalian memasang "nginx" kalian harus memasang "repositori epel" karena package nginx berada di "repository epel". kalian bisa baca awal artikel ini untuk mengetahuinya "http://christhomas92.blogspot.co.id/2017/03/88-konfigurasi-log-analyzer-with-apache.html".


Tunggu hingga pemasangan dari nginx selesai.

2. Edit File "nginx.conf"
 

Kita edit file "nginx.conf" dengan perintah "nano /etc/nginx/nginx.conf". jika tidak bisa menggunakan perintah "nano" gunakan perintah "vi". 

3. Ganti "server_name".
 

Kita ganti isi dari "server_name" menjadi nama domain kita.

4. Start & Enable Nginx


Jika sudah kita coba nyalakan "nginx" dengan perintah "systemctl start nginx" dan kita buat agar "nginx" otomatis aktif saat server diaktifkan dengan perintah "systemctl enable nginx".


5. Cek Client


Dan kita coba buka di Client, dengan membuka di browser dan mengetikkan di bagian alamat "www.domain". Dan kita lihat disini berhasil ditampilkan.

6. Buat tampilan Web Nginx


kita membuat tampilan web nginx dengan cara membuat "index.html" atau kalian bisa ganti menjadi apa yang kalian inginkan yang penting masih menggunakan extension ".html". kita gunakan perintah "nano /usr/share/nginx/html/chris.html".

7. Isi dengan Script html


Kalian isi "Script" yang berguna untuk membuat tampilan web nginx sesuai dengan keinginan kita lalu kita simpan dan keluar.

8. Restart Nginx


Kita gunakan perintah "Systemctl restart nginx" untuk mengaktifkan ulang nginx.

9. Verifikasi


Dan kita lihat kali ini telah berhasil membuka tampilan dari nginx setelah kita ubah tadi.

Sekian tutorial dari saya kali ini, semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!
Previous
Next Post »