Konfigurasi Manajemen User di Router Mikrotik


Oke, kembali lagi bersama admin kali ini untuk membahas berbagai hal tentang jaringan. Dan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk memanajemen user atau mengatur konfigurasi dibagian usernya ya...


Oke, kita mulai saja konfigurasinya yaaa.....

1. Pertama - tama kita buka "system > Users". Selanjutnya kita buat user baru.  


2. Kita beri nama apa saja dan jangan lupa passwordnya. Dan kali ini saya beri group "Read" lalu kita berikan "allowed Address" yaitu ip yang kita gunakan di komputer kita. Selanjutnya tekan apply dan OK


3. Kita ke "groups" lalu pilih "read". Kalian ubah agar yang bisa akses hanyalah "winbox dan juga web". Simpan lalu keluar. 


5. Kita kali ini coba untuk ganti ip komputer kita dengan ip lain. Dan sekarang kita coba login, kita lihat disini sudah gagal untuk login pada winbox. 


Kita coba login dan........


gagal . kita lihat disini gagal login


5. Dan kita coba kali ini untuk login dengan ip komputer kita, dan kita lihat kali ini telah berhasil login. dan karena tergabung di group "read" maka hanya bisa membaca saja, tidak bisa melakukan konfigurasi. 


Dan kita login 


Dan berhasil login ya kali ini. Dan kita coba konfigurasi namun tidak bisa konfigurasi karena diatur untuk hanya membaca konfigurasi atau "read".


7. Dan kita lihat sudah berhasil login di webfig dengan user yang dibuat.




8. Kita coba login pakai "ssh".  


Dan kita lihat gagal login ya.....


9. coba kita login pakai "telnet".


Dan kita masih gagalnya login ya......



Ini menunjukkan bahwa kita telah berhasil membuat login hanya dengan "web dan winbox" dengan ip yang sudah kita tentukan. Dan gagal login jika menggunakan ip yang berbeda serta menggunakan metode remote yang berbeda.

Sekian dulu tutorial dari saya kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua yang telah membacanya.

SEE YOU IN MY NEXT POST!!!!!!!!!!
Previous
Next Post »