Konfigurasi Active Directory dan DNS server di Windows Server 2012 R2

Oke, sudah lama sekali ya tidak posting lagi. kali ini saya akan kembali posting lagi dan tutorial kali ini adalah lanjutan dari post"disini". tutorial kali ini membahas tentang cara konfigurasi Active Directory dan DNS server di windows server 2012 R2.

Oke ya, sudah cukup basa - basi nya kita langsung konfigurasi saja ya...............

1. Promote this server to a domain controller
Karena sebelumnya kita sudah memasang active directory,selanjutnya kita tekan di server manager yang gambar bendera dan klik "Promote this server to a domain controller". dan ini berguna untuk membuat server baru yang akan dikendalikan oleh domain yang nanti akan kita buat.

2. Memberi nama domain


Seperti yang kita lihat diatas ya, setelah kita mempromote server tadi akan muncul tampilan seperti diatas ini. kita langsung pilih "add a new forest" dan di dalam "root domain name" kita isikan nama domain sesuai yang kita ingin kan ya. dan langsung kita next saja ya..........

3. Berikan Password domain


sekarang, kalian diminta untuk memberi password. dan ingat password harus mengandung "huruf besar dan kecil, angka dan simbol". dan yang functional kita biarkan saja. dan selanjutnya kita next saja ya.........

4.  DNS Options

Di tahap "DNS Options" kita biarkan saja dan langsung kita next.......

5. NetBios

Di bagian "additional Options" kita akan menemukan pilihan "NetBIOS". disini akan langsung muncul secara otomatis nama domain dari NetBIOS itu sendiri. kita langsung "next" saja.

6. Paths

Di bagian "paths" akan muncul gambar seperti diatas ini, kita diminta untuk memberikan tujuan di mana akan disimpan "database,log files dan sysvol". ini kita biarkan settingan default saja ya.....

7.Review

Pada tahap ini hanya mengecek/mengkonfirmasi data yang telah kita masukkan tadi. kita langsung "next" saja

8. Prerequisites Check

sekarang dari windows server nya sendiri yang mengecek. jika sesuai maka akan ada tampilan seperti diatas yang berwarna hijau yang isinya"All prerequisite ........". maka kita langsung install saja. kecepatan penginstalan ini bergantung dari spesifikasi laptop anda. jika spesifikasi nya kecil ya sabar aja.

dan jika sudah selesai akan muncul seperti dibawah ini.
Tunggu saja sampai proses restart selesai....
terus login deh......

Dan kita lihat dibagian sini, di bagian "network and Sharing center" network nya sudah berganti menjadi nama domain.

9. Setting DNS

disini kalian bisa klik "DNS" dibagian tools.

10. New Host


Selanjutnya akan muncul tampilan seperti diatas, Kalian bisa tekan "forward Lookup Zones>nama domain yang tadi dibuat"dan klik kanan selanjutnya tekan "new host"

selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Kalian isi "name" bebas dan ingat "ip address"nya harus satu network dengan komputer server.

Maka setelah menambah host akan muncul tampilan di "DNS Manager" di bagian domain yang dibuat tadi.

itu saja konfigurasi di server nya. Dan untuk join domain bisa kalian baca di post selanjutnya yang akan segera di terbitkan.

semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua...........

Previous
Next Post »