Jenis - Jenis port jaringan dan fungsinya

Semoga semua yang membaca blog ini sehat .......Amien
maka jika semuanya sehat tentu siap membaca isi blog saya ini mengenai jenis port jaringan dan fungsinya ......................
Semoga bermanfaat bagi kalian semua.




Jika kita mendengar kata port biasanya kita terpikir akan pekerjaannya anak tkj yaitu sebuah socket yang ada di cpu kalian, tapi kali ini saya akan membagikan informasi mengenai port jaringan.Apa itu port jaringan dan fungsinya? silahkan baca dibawah!!

Pada dasarnya, port terbagi menjadi beberapa bentuk. Setidaknya ada dua jenis port yang dikenal pada sebuah terminology komputer. Kedua jenis port itu adalah port fisik dan juga port logic. Fungsi port dalam komputer pada umumnya menjadi suatu penghubung yang cukup memiliki peran penting.

Port fisik adalah port yang kita ketahui secara luas. Port fisik dapat dilihat dan kita rasakan secara fisik. Fungsi utama dari port fisik ini pun untuk melakukan penghubungan dua atau lebih komponen yang nyata secara fisik, misalnya menghubungkan antara komputer dengan server dengan kabel, ataupun perangkat lainnya.

Port logic. berbeda dengan port fisik, port logic merupakan jenis port yang tidak dapat terlihat secara fisik, dan tidak dapat kita pegang atau raba. Tetapi port logic ini juga memiliki fungsi yang sama untuk saling menghubungkan antar perangkat melalui protocol ataupun melalui media lainnya.

Port yang Digunakan pada Jaringan Komputer


Pada sebuah jaringan komputer, baik port fisik maupun port logic, keduanya merupakan jenis port yang digunakan secara bersamaan. Fungsi dari kedua port ini saling berhubungan. Dimana apabila tidak ada salah satu port, maka hubungan dari sebuah jaringan tidak akan dapat terbangun.
Port Fisik pada Jaringan Komputer

Apabila diperhatikan secara fisik, maka port yang digunakan pada sebuah jaringan komputer adalah port pada Ethernet atau LAN Card. Port fisik ini bertugas untuk membantu kabel agar dapat terhubung dengan jaringan, ataupun terhubung dengan perangkat jaringan yang lainnya.
Port Logik pada Jaringan Komputer

Secara umum ada banyak port logic yang digunakan dalam sebuah jaringan, baik itu jaringan LAN, internet, WAN, jaringan yang menggunakan protocol tertentu dan sebagainya. Pada dasarnya sebuah Port Logic pada jaringan komputer dan juga pada sebuah komputer terdiri dari banyak sekali jenis dan fungsinya. Apabila diurutkan secara runtut, sebuah port logic di dalam komputer dan jaringannya terdiri dari port 0 hingga port 10000.

Port yang merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet menjadi salah satu hardware jaringan yang wajib ada. Akan tetapi, ada bebrapa port logic yang paling umum digunakan pada jaringan internet, baik untuk menghubungkan protocol ataupun untuk melakukan sitem sharing dan fungsi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa port logic yang terdapat di dalam jaringan, beserta dengan fungsinya:

Nama Port
Fungsinya
Port 21
Port yang satu ini digunakan untuk mengkoneksikan FTP(File Transmision Transfer) Server.
Port 22
Port 22 ini merupakan port yang digunakan untuk mengaktifkan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer.
Port 23
Port ini atau(Telnet:Telecommunication Network) digunakan untuk membantu setiap komputer dapat saling terhubung dengan menggunakan basis protocol telnet.
Port 25
Port ini digunakan untuk menghubungkan dan membangun sebuah network atau jaringan yang menggunakan protocol SMTP(Simple Mail Transfer Protocol). Untuk penggunaan email.
Port 2525
port 2525 ini menghubungkan komputer atau client yang akan saling berkirim psan atau email yang menggunakan protocol SMTP dalam proses transmisinya.Port ini merupakan port logic alternatif bagi SMTP.
Port 110
port 110 ini melayani konektivitas jaringan yang menggunakan protocol POP3 atau Post Office Protocol ataupun IMAP4 (Internet Message Access Protokol).
Port 119
Port ini berperang untuk mengakses dan membangun sebuah jaringan yang terhubung dengan NNTP Server, yang merupakan sebuah protocol yang terhubung dengan sebuah server news atau berita di dalam suatu jaringan.
Port 389
Port ini merupakan port yang melayani koneksi LDAP atau Directory Access Protocol.
Port 3389
Port logic ini merupakan sebuah port logic di dalam jaringan komputer yang dikhususkan untuk melakukan remote desktop. Namun demikian, spesialisasi dri port ini dalam melakukan remote desktop hanya terdapat pada WinX saja.
Port 143
merupakan port yang melayani IMAP4 server. IMAP merupakan kependekan dari Internet Messaging Access Protocol, yang banyak digunakan untuk mengambil internet mail. port ini hanya melayani pengambilan informasi atau email menggunakan server IMAP4 saja.
Port 443
Port 443 merupakan port yang digunakan untuk menjalankan sebuah server yang aman atau SSL (Secure Server Layer).
Port 445
Port ini banyak digunakan ketika sebuah jaringan komputer ingin melakukan sharing printer, sharing resources, dan sebagainya dalam waktu bersamaan. Port ini merupakan salah satu port yang rentan terhadap worm dan juga virus.
Port 1503 & 1720
Port ini berfungsi untuk melakukan hubungan dengan Microsoft NetMeeting dan VOIP
Port 5631
Merupakan port logic pada sebuah jaringan komputer yang bertugas untuk menghubungan dengan PC Anywhere.
Port 5631
Port 5631 ini merpakan port pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan VNC(Virtual Network Computing). Fitur ini sangat berguna ketika anda ingin melakukan pengontrolan terhadap server secara remote atau jarak jauh.
Port 3306
Port ini merupakan port yang digunakan para programmer untuk melakukan proses manajamen basis data atau database, karena port ini merupakan port yang terhubung dengan aplikasi MySQL.
Port 80
Port ini merupakan jenis port di dalam sebuah jaringan yang banyak digunakan sebagai port dalam mengkoneksikan web server. Web server sendiri merupakan sebuah server yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebuah website atau situs tertentu. Untuk dapat menghubungkan koneksi antara client dengan web server, maka port ini dibutuhkan.
Port 81
Port  81 ini merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan web server atau membangun sebuah jaringan yang langsung berhubungan dengan web server.


Previous
Next Post »